Tanaman Kersen dan manfaatnya

16.04

Hasil gambar untuk kandungan daun kersen

Muntingia calabura atau lebih dikenal dengan nama kersen merupakan tanaman yang sudah banyak di kenal di daerah-daerah di Indonesia serta tergolong pohon yang cepat tumbuh dengan tinggi bisa mencapai 5-10 meter. Khasiat dari tanaman kersen ini terdapat pada daun dan buah kersen tersebut. Zat-zat yang di kandung oleh tanaman kersen ini adalah senyawa tanin, flavonoids, saponin yang biasanya digunakan untuk anti septik, antiflamasi, anti radang serta anti tumor.


Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor (84 miligram), besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.
Manfaat dari tanaman kersen ini adalah mengobati asam urat, Menyembuhkan diabetes, Meredakan gejala flu, Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, antibakteri atau antiseptic, Menurunkan tekanan darah tinggi, Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Mengatasi infeksi, Anti-tumor, Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit, Meredakan sakit kepala, Pembunuh mikroba, Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar, Mencegah dan menyembuhkan batuk, Mengatasi radang.

Hasil gambar untuk kandungan daun kersen
Cara menggunakan daun kersen sebagai obat adalah sebagai berikut :
Ambillah segenggam daun kering kersen sekitar 50 hingga 100 gr daun kersen basah yang sudah di cuci bersih.  Rebus daun tersebut dengan 1 liter air hingga mendidih dan tersisa setengahnya.. Cara selanjutnya adalah Keringkan daun kersen, kalau sudah benar-benar kering  dan ambil sekitar 2 sampai 5 gr lalu seduh dengan air panas seperti anda membuat teh di pagi hari.
Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi. Jika anda terkenal penyakit gula atau diabetes maka anda perlu meminum teh daun kersen ini tiga kali sehari yaitu pada saat bangun dari tidur, sebelum makan siang dan sebelum tidur di malam hari. 
Semoga artikel tentang tanaman kersen ini berguna buat semuanya .

Artikel ini di rangkum dari beberapa artikel dari internet

Artikel Terkait

First